Recent Post

Sponsored

Labels

addressbook Memilih Bahasa Dan Gaya Bahasa Pada Blog

Diposting oleh dev | , , | 7 komentar »

Bahasa BlogSudah hampir satu minggu saya tidak mengupdate blog ini karena keasikan mengedit tampilan blog "Entrepreneur Solution" yang baru saya buat menggunakan engine wordpress. Terlalu sering menggunakan bahasa HTML pada blogspot ternyata membuat saya sedikit kerja keras dan harus belajar mengingat kembali mengenai bahasa PhP untuk mengedit tampilan wordpress. Sebelum masuk ke topik pembahasan, saya juga mau meminta maaf karena saya belum sempat berkunjung ke blog teman-teman blogger yang sudah berkunjung dan meninggalkan komentar di blog ini. Mudah-mudahan secepatnya saya akan berkunjung balik ke blog teman-teman.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pemilihan bahasa dan gaya bahasa untuk blog. Selain topik, engine dan tampilan blog, bahasa tentu saja menjadi suatu pertimbangan saat seseorang membuat sebuah blog. Menentukan bahasa yang digunakan dalam sebuah blog tentu saja sangat berpengaruh terhadap target pembaca blog kita. Blog ini yang menggunakan bahasa Indonesia tentu saja memiliki target pembaca dari Indonesia, sedangkan blog free download dan entrepreneur solution yang saya buat dengan bahasa Inggris tentu saja ditujukan untuk pembaca dari luar negeri.

Untuk blog berbahasa Inggris saya rasa gaya bahasa bukanlah menjadi sebuah persoalan. Tapi untuk blog berbahasa Indonesia, gaya bahasa menjadi sebuah pertimbangan baru saat kita membuat sebuah blog. Bila teman-teman perhatikan, blog yang menggunakan bahasa Indonesia memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda pada tulisan artikelnya, mulai dari bahasa baku, bahasa gaul, bahasa daerah, bahasa formal, bahasa santai dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sehari-hari sebenarnya saya yang menggunakan gaya bahasa santai seperti "lu gw" dan "bahasa sunda", beberapa teman saya sering tertawa ketika membaca blog ini dan menanyakan alasan kenapa blog ini ditulis dengan gaya bahasa formal bukan dengan gaya bahasa yang sehari-hari saya pakai. Pemilihan gaya bahasa formal yang saya gunakan untuk blog ini sebenarnya memiliki sebuah alasan yang sangat sederhana.

Walaupun blog ini menggunakan bahasa Indonesia dan memiliki target pembaca dari Indonesia, tapi tentu saja saya tidak mau menutup kemungkinan pembaca dari luar negeri. Menggunakan bahasa Indonesia formal pada blog tentu saja meminimalisasi kesalahan kata pada saat blog kita di akses menggunakan google translate, hal ini dapat dilihat dibeberapa postingan blog ini yang memiliki komentar yang berhubungan dengan isi artikel dari beberapa blogger luar negeri. Sebagai contoh silahkan teman-teman gunakan tombol translate pada toolbar dibawah blog ini atau silahkan lihat contoh hasil translate dibawah ini, mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat teman-teman semua yang berencana membuat sebuah blog.
Text:
Non formal: gmana caranya biar cepet keindex sama google?
Formal: bagaimana caranya agar cepat terindex oleh google?
Result:
Non-formal: how to let cepet gmana same keindex google?
Formal: how to quickly indexed by google?

Text:
Non formal: Artikel yang ini sebenernya ga jauh beda sama artikel sebelumnya, sekarang gw bakal ngasih beberapa daftar do follow forum buat ningkatin backlink kita.
Formal: Artikel kali ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya, kali ini saya akan sedikit berbagi beberapa daftar Do Follow Forum yang dapat meningkatkan backlink untuk blog kita.
Result:
Non-formal: This article is far different sebenernya same ga previous articles, now would ngasih gw some do follow forums list for ningkatin our backlink.
Formal: This time is actually not much different from the previous article, this time I'll share a little list of Do Follow a few forums that can increase the backlinks to our blog.

Related Posts by Categories

Silahkan klik di sini untuk membaca melalui feed reader anda. Atau masukkan alamat email anda di kolom dibawah ini untuk berlangganan artikel DevBook.net langsung ke alamat email anda.

feed

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Ada 7komentar ke “Memilih Bahasa Dan Gaya Bahasa Pada Blog”
ciungtips.co.cc said...
 date:

h.m.m nice tips .. Berguna sekali buat newbie seperti saya

dev said...
 date:

@ciungtips: makasih juga kunjungannya..

kwangkxz said...
 date:

Terimakasih sobat infonya.

master traffic blog said...
 date:

wah bahasa inggris anda sangat baik, bagaimana kalau seperti saya yang ingrisnya pas-pasan.
adakah software yang dapat membantu. karena saya mencoba transtool dan translator xp, hasilnya ngaco, ditunggu jawabannya

chandra said...
 date:

Thanks mas atas infonya,.kecuali dlam bahasa jawa,.kan ada tuh google bahasa jawa,.hahaha

butik online said...
 date:

Kalau saya sendiri sebenarnya lebih menyukai bahasa blog yang resmi indonesia banget, bukan terlalu kedaerahan, karena kadang pembaca juga bingung, termasuk saya juga, hehehe... mau cari informasi tetapi bahasa yang di dapat malah membuat tambah bingung.

Ermawan said...
 date:

Kalau ane lebih ke bahasa yg santai aj gan supaya bisa lebih deket sama pengunjung blog ane :-D
Mampir gan http://www.itoru.web.id


leave comment
back to top
comment notes

Post a Comment

devbook.net