Recent Post

Sponsored

Labels

addressbook Tips Membuat Blog Yang Menghasilkan

Diposting oleh dev | , | 20 komentar »

Monetize blogTidak terasa ternyata blog ini sudah lama tidak saya update. Persiapan saya untuk membuka sebuah kantor web development di Bandung ternyata cukup menghabiskan waktu dan tenaga saya. Mudah-mudahan saja keputusan saya untuk meninggalkan gelar sarjana komunikasi yang saya dapat 2 tahun yang lalu untuk 100% terjun di dunia internet bukan sebuah keputusan yang salah :) Saya juga mengucapkan maaf sebesar-besarnya buat sahabat blogger yang belum sempat mendapat kunjungi balik.

Pada postingan "Benarkah Blog Menghasilkan Uang?", saya berjanji akan berbagi mengenai tips membuat sebuah blog yang menghasilkan. Oleh sebab itu, pada postingan kali ini saya akan memenuhi janji saya dan sedikit berbagi mengenai bagaimana cara membuat blog yang menghasilkan. Topik mengenai jumlah traffic, meningkatkan pagerank, originalitas konten, trik penempatan iklan dan beberapa hal teknis lainnya untuk meningkatkan penghasilan sebuah blog mungkin sudah banyak sekali di bahas oleh teman-teman blogger lainnya, oleh sebab itu pada postingan ini saya tidak akan membahas topik-topik tersebut. Pada artikel ini saya hanya akan membahas beberapa tips sederhana yang mungkin jarang dibahas tetapi menurut saya sangat bermanfaat disaat kita akan membuat sebuah blog untuk menambah penghasilan.

1. Menentukan jenis iklan yang akan dipakai.
Banyak sekali cara untuk menghasilkan uang melalui sebuah blog, macam-macam bentuk iklan seperti pay per click, text link ads, banner ads, paid to review, refferal link dan yang lainnya banyak sekali kita jumpai di dunia blogging. Banyak blogger yang menyangka bahwa semakin banyak kita menggunakan jasa penyedia iklan maka akan semakin besar penghasilan blog kita. Hal diatas tentu saja salah, tanpa kita sadari masing-masing jenis iklan sebenarnya memiliki kriteria blog yang berbeda-beda. Menggunakan jenis iklan yang beragam pada sebuah blog tentu saja akan mempersulit kita untuk mengoptimalisasi penghasilan blog kita. Sebagai contoh, untuk mengoptimalisasi text link ads kita harus memperkecil jumlah link keluar di blog kita, bagaimana mungkin kita dapat memperkecil jumlah link keluar di blog kita bila kita menggunakan adsense atau paid to review pada blog kita?

Menentukan jenis iklan yang akan dipakai menurut saya merupakan langkah awal ketika kita membangun sebuah blog yang menghasilkan, cobalah menggunakan 1 buah jenis iklan untuk setiap blog yang kita miliki. Optimalisasikan setiap blog sesuai dengan jenis iklan yang dipakai di blog tersebut. Lalu kenapa blog ini menggunakan banyak sekali jenis iklan? Petanyaan tersebut akan terjawab di pembahasan yang ke-dua.

2. Memilih topik sebuah blog.
Topik blog tentu saja hal penting untuk memaksimalkan penghasilan sebuah blog. Semakin pintar kita memilih sebuah topik maka akan semakin besar penghasilan sebuah blog khususnya untuk blog yang menggunakan pay per click seperti adsense dan yang lainnya. Sayangnya, sebagian besar blogger memiliki asumsi yang salah mengenai poin ke-2 ini. Banyak sekali blogger yang mengukur keberhasilan sebuah topik blog melalui jumlah komentar yang diterima. Apakah itu benar? untuk mengukur kepopularitasan sebuah blog tentu saja hal itu benar, tapi bila kita ingin membuat sebuah blog yang menghasilkan tentu saja jumlah komentar bukan menjadi sebuah patokan.

Sebenarnya, yang harus kita perhatikan adalah pengunjung seperti apa yang mengunjungi blog kita? coba kita perhatikan situs-situs berita, iklan baris, download mp3 ataupun blog-blog yang menghasilkan jumlah klik iklan yang cukup tinggi. Rata-rata memiliki jumlah komentar yang sangat minim, hal tersebut dikarenakan pengunjung adalah pengguna internet awam yang datang ke blog tersebut melalui search engine untuk mencari informasi yang mereka cari kemudian pergi begitu saja melalui link atau iklan di blog tersebut. Oleh sebab itu cobalah memilih topik yang dapat mendatangkan pengunjung yang berkategori pengguna internet awam. Itulah salah satu sebab kenapa sebagian besar pemilik blog tutorial pasti memiliki blog penghasil dollar lainnya untuk menghidupi blog tutorialnya.

Sebagai contoh, kita semua pasti tau bahwa personal blog dan blog tutorial adalah salah satu topik yang menghasilkan banyak pengunjung, tapi menurut saya personal blog dan blog tutorial seperti blog ini tentu saja bukan blog yang ideal untuk meraup ribuan dollar. Kenapa? jawabannya sebenarnya sangat simple, saya rasa lebih dari 80% pengunjung blog ini tau bagian mana saja yang merupakan iklan. Sekarang tanyakan pada diri anda sendiri, bila anda tau bagian mana saja yang merupakan iklan di blog ini apakah anda akan mengklik iklan di blog ini? 10% mungkin akan mengatakan "iya" dengan berbagai alasan seperti berterima kasih, saling membantu, berharap mendapat balasan klik, dsb. Tapi 90% saya yakin akan menjawab "TIDAAAAK" :D
Itulah sebab kenapa blog ini banyak sekali menggunakan jenis iklan, karena saya sangat menyadari bahwa sebanyak apapun saya menggunakan iklan di blog ini hasilnya tidak akan berbeda jauh. Akan lebih berguna bila blog ini saya gunakan untuk berexplorasi iklan sebelum saya pasang di blog saya yang lainnya :)

Lalu kenapa di luar negeri banyak sekali blogger yang sukses mendatangkan uang melalui personal blog ataupun blog tutorial? Hmm..Coba perhatikan baik-baik sekali lagi, apakah benar mereka menghasilkan uang melalui iklan atau melalui tutorial yang berujung kepada penjualan ebook? Cara ini lah yang konon membuat salah satu blogger terkemuka Indonesia berinisial "CA"menghapus seluruh isi blognya dan menurut isu-isu dari sumber terpercaya isi blog tersebut akan ditulis ulang dalam sebuah ebook berbayar.

Mudah-mudahan saja beberapa tips ringan di atas dapat bermanfaat buat pembaca blog ini, silahkan tambahkan masukan lain dari teman-teman blogger melalui komentar dibawah..

Related Posts by Categories

Silahkan klik di sini untuk membaca melalui feed reader anda. Atau masukkan alamat email anda di kolom dibawah ini untuk berlangganan artikel DevBook.net langsung ke alamat email anda.

feed

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Ada 20komentar ke “Tips Membuat Blog Yang Menghasilkan”
Nayarre Pata Blog said...
 date:

sangat setuju sekali kanda..!! Akhirnya yg ditunggu dtg juga.. saya sampe senyam-senyum sendiri klo liat blog saya yg jadi sarang iklan. Setelah membaca postingan ini saya jadi sadar, mana blog yg pantas untuk dijadikan pengharapan penghasilan.. Tak lupa ucapan terima kasihku.. Thank$$$ :)

idil said...
 date:

Gan mengenai iklan yg sudah dibahas tadi, koq bisa ya banyak pengunjung yg gk tertarik sm iklan yg dipasang?, tolong triknya dong gan...! :)

beatboy said...
 date:

sya baru sja membuat blog

karna sya penasaran dengn teknologi yg kian pesat
dan sya tidak mau ketinggalan zaman juga,,

namun sya blum ngerti untuk mengisi halamnya,, sya minta bntu buku ato apa lah trik tutorial biar blog saya terkesan wah

trima kasih

Okta said...
 date:

Saya baru saja bikin blog bos..

informasi ini sangat bermanfaat bagi saya...

trima kasih...

Diana said...
 date:

Gimana nih, aku semakin senang banyak pengetahuan, tapi agak bingung juga mulai dari yang mana untuk mengoptimalkan blog-ku .....

adilla said...
 date:

jalan-jalan nyasar kesini, eh...dapat artikel bagus. makasih pencerahannya...sekalian minta ijin pasang link anda di blog saya.

dev said...
 date:

@Nayarre Pata Blog: senyum2 karena udah banyak dapet duit ya? :) semangat terus ngeblognya ya..

@idil: Biasanya kalo tipikal orang indonesia kalo tau itu iklan biasanya ngga di klik iklannya. makanya coba pilih topik blog yang mendatangkan pengunjung pengguna internet awam.

@beatboy: Selamat datang di dunia ngeblog kalo gt mas :) sering2 aja googling, semua tutorial ada disana :)

@okta: sama2, makasih juga kunjungannya..

@diana: bagus dong mba kalo banyak pengetahuan :) makasih kunjungannya ya..

@adilla: silahkan mas, makasih udah pasang link blog ini..

Saung Web said...
 date:

Memilih topik sebuah blog.. ini yg saya kurang perhatiin sob.. jadi topik sekenanya aja nih.. hehe.. makasih telah mengingatkan

Link Tea said...
 date:

Betul tuh sob.. seharusnya begitu .. cuman kadung dah bikin dengan deskripsi seperti itu.. kalau deskripsinya mau diubah.. katanya ntar malah gak disukai sama yg punya rumah alias oom Google.. hehe

dev said...
 date:

@saungweb dan linktea: makasih juga kunjungannya :)

darahbiroe said...
 date:

wah ini yang sangat sangat aku perlukan heheh biar bisa buat ganti biaya ngenetnya ajah hehe
tp bingung juga belum pernah sama skli mencobanya
makasih referensina


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
makasih
:D

antok said...
 date:

makasih tipzna
pingin juga nuy dapat uang dr ngeblog heheh

dev said...
 date:

@darahbiroe & antok: selamat mencoba ya :)

UBULISME said...
 date:

Nice post... kunjungan perdana, dapet info keren.
tapi sejauh ini saya belum kepikiran buat jadiin blog saya sebagai mesin penghasil uang...
kalo saya sih suka-suka aja dulu... hehe...

Saung Web said...
 date:

Wah mesti belajar banyak nih kalau mau cari rechan dari blog.. ternyata gitu toh..

irvan said...
 date:

Bener juga sob, sy juga lagi bikin beberapa blog dengan topik lebih spesifik.

imtikhan said...
 date:

patut di coba
mudah mudahan semua sobat blogger SUKSES

deco said...
 date:

wah,masih jauh ne,blog saya masih baru

Ajang Rojali said...
 date:

Saya senang membaca tulisan yang anda buat, dan ini akan menjadi bahan pembelajaran agar kedepannya blog yang saya buat bisa lebih baik lagi, memang benar sebagai ucapan terima kasih atas apa yang ditulis saya akan sealu menyempatkan untuk klik iklan minimal 1 kali.
terima kasih

sukses selalu

adi said...
 date:

thank's atas informasinya,
postingan kamu benar, buat apa melaetakkan iklan banyak2 di blog, toh hasilnya tak ada..


leave comment
back to top
comment notes

Post a Comment

devbook.net